Lely Mahasiswi Teknik Lingkungan UPN "Veteran" Jatim Sulap Limbah Rajungan Jadi Produk Bernilai

Selasa, 22 Agustus 2023

Penulis: Faruq Bytheway

image-berita
Foto: Nur Laili Alfiatin Mukharomah mahasiswi jurusan Teknik Lingkungan di UPN Veteran" Jawa Timur (Dok/Pri).

Surabaya - Mahasiswi Teknik Lingkungan Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur (Jatim) Nur Laili Alfiatin Mukharomah berhasil menyulap Limbah Cangkang Rajungan menjadi produk yang bernilai melalui Program Kreatif Mahasiswa (PKM) yang diadakan oleh Kemenristekdikti. Lely sapaan akrabnya, merupakan seorang mahasiswi asal Kabupaten Tuban, Jatim. 

Diketahui Tuban merupakan salah satu kabupaten yang memiliki potensi besar di bidang perikanan salah satunya rajungan. Dari hasil observasi lely, rajungan menjadi komoditas perikanan yang cukup besar, menjadikan rajungan berkontribusi besar atas limbah yang dihasilkan. 

Oleh karena alasan itulah Lely mencoba melakukan sebuah penelitian dan pengembangan teknologi yang efisien dan ramah lingkungan untuk mengolah cangkang ranjungan menjadi produk yang bernilai. 

Hal hasil, Lely bersama tim lolos pendanaan PKM 2022 bidang riset eksakta dengan judul penelitian "Cangkang Rajungan (Portunus Pelagicus) sebagai masker antitoksik berlapis Chitosan Polymer Medium (CPM) Pereduksi Nikotin menggunakan Spray Coating". 

Tidak berhenti disitu, pada 2023 Lely bersama tim juga berhasil lolos pendanaan PKM bidang Kewirausahaan dengan judul penelitian "Bisnis Kreatif dengan Pemanfaatan Limbah Cangkang Rajungan menjadi Spray Sebagai Upaya Pereduksi Bahaya Asap Rokok". 

Atas pencapaiannya, perempuan yang selalu melihat kesempatan dan peluang yang ada itu, turut merasa bahagia atas capaian yang ia telah raih. Bahkan dirinya berpesan kepada seluruh mahasiswa di Indonesia untuk selalu melihat lingkungan sekitar menjadi sebuah karya. 

"Jangan anggap limbah sebagai sampah, tapi lihatlah potensinya sebagai sumber baru yang dapat diolah dan menghasilkan karya", ungkap mahasiswi berprestasi itu. 

Tak berhenti disitu, Lely juga berpesan kepada seluruh anak muda di Indonesia untuk selalu memberikan dampak dan manfaat terhadap orang lain meski tidak dapat dipungkiri rintangan selalu menghadang. 

"Jangan biarkan hambatan menghalangimu untuk berbagi kebaikan dan memberikan manfaat bagi orang lain. Kebaikan yang telah kamu berikan akan kembali memperkuat semangatmu untuk berdiri," pungkasnya.

 

(Tra/Hdr)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Mahasiswi PKM Pengolahan Limbah Rajungan Beprestasi